CV Lamaran Kerja Jangan Lebay!

CV Lamaran Kerja adalah hal pertama dilihat saat kamu melamar pekerjaan, tidak peduli seberapa bagus skill kamu, seberapa lama pengalaman jika kamu tidak mampu mendeskripsikannya dalam CV ya bagaimana bisa dilanjut ke tahap berikutnya, CV lamaran kerja Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, bagaimana contoh CV lamaran kerja yang baik, cara membuat CV lamaran kerja, download CV lamaran kerja??

Yuk kita bahas lebih lanjut…

CV adalah singkatan dari curriculum vitae yang berarti daftar riwat hidup seseorang, mulai dari data pribadi seperti nama, alamat, kontak, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan. Mengapa CV ini sangat penting, jadi CV diibaratkan sebuah gerbang dari dari satu bangunan.

Yang berarti CV adalah yang pertama akan dilihat saat kamu melamar pekerjaan.

First impression sangat berlaku dalam tahapan rekrutmen suatu pekerjaan, dan bagaimana riwayat hidup atau CV yang kamu deskripsikan adalah first impression pertama yang harus kamu menangkan.

Ya, harus kamu menangkan!! Pengalaman kami sebagai HRD, untuk satu lowongan pekerjaan yang kami publikasikan, kami dapat menerima ribuan atau bahkan puluhan ribu lamaran pekerjaan yang masuk.

Memang CV yang baik tidak menjamin kamu langsung diterima kerja, tapi CV yang baik akan melancarkan kamu untuk ke tahapan berikutnya.

Tahapan pertama rekrutmen itu HRD akan memilih kandidat melalui CV Lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan, jadi kamu harus membuat CV semenarik mungkin, sampai HRD memilih kamu untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu Interview Kerja.

Cara membuat CV Lamaran Kerja Menarik

Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik akan selalu menjadi subjektif bagi masing-masing orang baik itu employee atau dari sisi employer. Berikut ini kami rangkum cara membuat CV lamaran kerja menarik, mari disimak…

1. Kebenaran Informasi Lamaran Pekerjaan

Pastikan semua informasi yang kamu tulis di CV adalah data yang benar, misal nama, alamat, no HP dan email, karena kontak sangat diperlukan jika kamu lolos ke tahap berikutnya.

Pastikan juga nomor dan email aktif, setiap saat terutama saat jam dan hari kerja, karena biasanya HRD akan menghubungimu di jam-jam kerja jika kamu lolos tahap interview.

Untuk data pengalaman kerja dan riwayat pendidikan kamu, buat lah sejujur mungkin, jangan coba-coba untuk memalsukannya, apalagi sampai meng-edit dokumen yang diperlukan seperti ijasah dan surat pengalaman kerja.

Ingat, utamakan KEJUJURAN dalam setiap langkah kehidupan, termasuk melamar pekerjaan, cielaaah..

2. Buat CV Lamaran Kerja kamu SIMPLE

Buatlah CV kamu sesimple mungkin dengan informasi yang jelas dan lugas, jangan lebay maksudnya adalah seperti photo kamu yang normal, kalo bisa pakai pas photo dengan pakaian rapi.

Jangan gunakan photo selfie ya, jangan juga pake filter berlebihan, apalagi pakai photo orang lain.

Sebaiknya pakai photo kamu yang terbaru, biar HRD tidak pangling saat interview kamu.

3. Selalu Update Riwayat Hidup

Usahakan selalu update atau memperbaharui CV kamu, lucu jika kamu melamar pekerjaan tahun 2020, tapi data diri kamu di CV itu tahun 2015.

Jika HRD menemukan CV seperti ini, ya kemungkinan besar akan di skip deh.

4. Coba Buat Design CV yang Menarik

CV yang unik akan menarik perhatian HRD saat memilih kandidat, coba desain CV kamu semenarik mungkin dengan data yang juga kredible.

Kamu bisa mendesain CV kamu dengan aplikasi Corel Draw atau Photoshop, tapi jika kamu tidak terlalu mahir desain grafis dengan aplikasi tersebut, kamu dapat menggunakan Microsoft Power Point untuk mendesainnya.

Baca sampai habis artikel ini karena kami di akhir artikel kami akan memberikan template CV yang menarik.

Desain yang menarik jangan sampai mengaburkan data riwayat hidup kamu di CV, jangan karena desain yang menurut kamu menarik dan perpaduan warna yang tidak matching, kemudian data kamu tidak terbaca oleh orang lain.

Baca juga…

Skill Seorang HRD

Jasa Konsultan HRD

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik

CV kamu bisa saja berbentuk file pdf atau word, atau berbentuk jpg / gambar, tapi saya sarankan untuk mengconvert file CV kamu ke pdf saja, karena file pdf tidak akan berubah bentuk jika di buka di komputer atau device lain.

Jika file word dari Microsoft Office sebaiknya kamu simpan dalam bentuk .rtf karena itu juga tidak akan berubah format jika di buka di komputer lain.

Sebaiknya kamu jangan convert CV kamu menjadi gambar atau jpg, karena biasanya resolusinya akan berubah menjadi lebih kecil jika di download di komputer lain, atau jika kamu tau cara menyimpan gambar nya dengan resolusi tinggi, ukuran file nya akan lumayan besar.

Berikut ini contoh CV lamaran pekerjaan yang baik :

CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia??

Untuk menjawab pertanyaan ini bisa sangat tergantung pada kasusnya ya, tergantung apa? Yuk kita bahas lebih lanjut…

Yang pertama tergantung pada latar belakang kamu, kalo kamu bisa mendeskripsikan diri kamu secara Bahasa Inggris ya buat lah CV berbahasa Inggris.

Pastikan kamu bisa mendeskripsikan diri kamu secara tertulis dan juga secara lisan, jangan sampai mempermalukan diri kamu saat interview karena tidak bisa ngomong bahasa Inggris.

Namun jika kamu lebih nyaman dengan Bahasa Indonesia ya buatlah CV berbahasa Indonesia saja.

Yang kedua, tergantung pada di Perusahaan mana kamu melamar pekerjaan.

Jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan di Singapura misalnya, ya wajib menggunakan CV berbahasa Inggris.

Atau jika perusahaan asing yang berdomisili di Indonesia.

Yang ketiga adalah, tergantung bidang pekerjaan kamu apa.

Jika pekerjaan kamu adalah penerjemah bahasa asing untuk hal ini bahasa Inggris, kamu wajib membuat CV berbahasa Inggris, walawpun ini perusahaan lokal.

Jadi CV Bahasa Inggris atau Indonesia? Kamu sendiri yang menentukan ya.

Itulah kenapa penting mencari informasi mengenai perusahaan yang akan dilamar sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan kamu.

Kirim CV lewat email atau datang langsung?

Saat HRD memublikasikan lowongan pekerjaan biasanya akan ada keterangan lamaran kerja dikirim melalui apa. Bisa lewat email atau dikirim langsung ke perusahaan.

Atau jika kamu kamu melamar lewat jobstreet atau portal lowongan pekerjaan lain, berarti kamu tidak perlu lagi mengirim email atau mengantarkan lamaran kerja secara langsung. Yang harus kamu lakukan adalah memperbaharui CV kamu di portal tersebut.

Nah ini perlu kamu catat, kalo kamu mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email atau portal loker, dan kamu dipanggil untuk interview, maka kamu wajib membawa hard copy lamaran pekerjaan dan data-data pendukung lainnya.

Download CV Lamaran Kerja GRATIS buat kamu

Buat kamu yang sedang melamar kerja dan sedang mau update CV lamaran pekerjaan, kami menyediakan template download CV lamaran kerja, GRATIS!!! cuma buat kamu yang membaca artikel ini, untuk mendownload kamu cukup masukkan NAMA dan EMAIL kamu di form di bawah ini.

Pastikan email kamu aktif yaa, karena kami akan mengirim link download CV lamaran pekerjaan di e-mail kamu, silahkan isi nama dan email kamu :

Itulah tips cara efektif membuat CV lamaran kerja yang di lirik HRD, bagaimana menurut kamu? apa lagi yang dapat di tambahkan, silahkan kamu komentar di bawah.

Kami juga membuka forum diskusi tentang HRD di Quora, jangan sungkan untuk menceritakan masalah atau sharing pengalaman-pengaman kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *