10 Skill HRD yang Wajib Dimiliki

10 Skill HRD yang Wajib Dimiliki

10 skill hrd yang wajib dimiliki – Pada sebuah perusahaan kecil, biasanya posisi HRD ini diisi oleh karyawan biasa yang notabenenya tidak memiliki pengetahuan serta pendidikan terkait dunia HRD. Tentu ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang diberikan ketika proses kerja berjalan.

Namun, untuk perusahaan besar selalu mematok bahwa kualifikasi seorang HRD haruslah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Hal ini untuk mendapatkan bibit karyawan unggul yang sesuai untuk posisi HRD ini. Nah, berikut ini ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang HRD Professional untuk pemenuhan persyaratan menjadi HRD.

Memiliki Kemampuan Berorganisasi dan Berorientasi Pada Strategi

Skill wajib pertama yang harus dimiliki seorang HRD adalah memiliki kemampuan berorganisasi yang baik dan dapat menyusun strategi dengan tepat. Dengan kemampuan berorganisasi yang baik, seorang HRD dapat dengan mudah untuk mengatur manajemen perusahaan, hingga penyimpanan dokumen penting perusahaan serta karyawan.

Tidak hanya itu, seorang HRD juga dituntut untuk memiliki skill HRD dalam menyusun strategi manajemen yang baik. Manajemen ini mencakup perancangan skema penggajian karyawan, hingga proses rekrutmen dan juga pelatihan karyawan.

Memiliki Kepekaan dan Bisa Memahami Psikologi Orang Lain

Dalam menjalankan jobdesknya, seorang HRD tentu akan saling berhubungan dengan semua karyawan didalam perusahaan. Seorang HRD juga dituntut untuk memproses setiap masalah dari karyawan lain yang sedang dihadapi setiap harinya.

Nah, disinilah skill untuk memahami psikologi orang lain sangat dibutuhkan. Seorang HRD akan dituntut untuk memiliki perasaan yang peka dan juga mampu memahami setiap permasalahan yang terjadi kepada karyawan lain dengan latar belakang yang berbeda-beda di setiap harinya.

Dengan memahami psikologi ini, tentu seroang HRD akan lebih mudah dalam memahami karakteristik dari masing-masing karyawan. Hal ini akan sangat baik untuk menjalin komunikasi dua arah seputar pekerjaannya diperusahaan tersebut.

Skill HRD dalam Komunikasi Publik serta Interpersonal yang Baik

Skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang HRD adalah kemampuan berkomunikasi, baik itu komunikasi publik ataupun komunikasi interpersonal antar karyawan. Untuk menjalin kerjasama yang baik dengan karyawan lain, tentu HRD harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik pula.

Kemampuan komunikasi publik ini sangat diperlukan ketika seorang HRD harus memimpin jalannya pelatihan karyawan baru, maupun mengadakan program gathering, dan lainnya. Selain itu, kemampuan komunikasi interpersonal ini sendiri mencakup tentang cara pemilihan bahasa yang tepat ketika berkomunikasi dengan karyawan lain, memiliki sikap empati terhadap semua keluhan dari para karyawan, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan komunikasi interpersonal antar karyawan ini.

Memiliki Sikap Bijaksana dan Mampu Menjaga Rahasia

Posisi HRD memang kerap kali menjadi wadah keluh kesah bagi setiap karyawan. Oleh karena itu, penting bagi seorang HRD untuk memiliki sikap bijaksana dalam menangani setiap masalah yang ada. Bersikap adil dan mampu menjaga rahasia perusahaan serta para karyawan merupakan skill HRD yang wajib dimiliki.

Skill ini wajib dimiliki agar seorang HRD bisa mengambil keputusan yang baik dan tidak merugikan salah satu pihak. Tidak hanya itu, seorang HRD juga harus bersikap professional dalam bekerja dan tidak mencampur adukkan antara urusan pribadi dengan urusan pekerjaan.

Memahami Jobdesk dan Tata Cara Rekrutmen Karyawan

Salah satu jobdesk HRD adalah merekrut karyawan, sehingga seorang HRD wajib memahami tentang tata cara dalam perekrutan karyawan. Tidak hanya itu, seorang HRD juga dituntut untuk memahami jobdesk dari karyawan yang sedang di hire atau proses perekrutan calon karyawan baru, hingga memahami kualifikasi yang dicari oleh perusahaan.

Yang paling penting adalah seorang HRD wajib memiliki pemahaman tentang bagaimana cara interview dan melakukan psikotes untuk karyawan yang sedang di hire dengan baik. Tentunya hal ini akan mempengaruhi hasil dari karyawan yang memiliki kualifikasi terbaik.

Memiliki Skill untuk Bernegosiasi dan Manajemen Konflik

Skill HRD yang wajib dimiliki selanjutnya adalah negosiasi dan juga manajemen konflik yang baik. Dimana seorang HRD akan kerap berurusan dengan masalah karyawan. Oleh karena itu, kemampuan bernegosiasi ini akan memudahkan seorang HRD untuk menyampaikan perihal kebijakan perusahaan agar dapat diterima dengan baik oleh karyawan.

Kemampuan negosiasi ini tentu perlu diimbangi dengan kemampuan problem solving atau manajemen konflik. Kedua skill ini wajib dimiliki oleh seorang HRD karena jobdesk dari HRD adalah untuk mengelola Sumber Daya Manusia dengan baik serta mampu menciptakan suasana yang kondusif didalam perusahaan.

Ketika ada permasalahan yang terjadi antar karyawan dengan pihak manajemen, seorang HRD harus mampu menyelesaikannya dengan menawarkan win-win solution dan tidak memihak salah satu diantaranya.

Multitasking dan Bisa Fokus dalam Banyak Hal

Skill HRD yang wajib dimiliki kali ini adalah kemampuan multitasking atau mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Hal ini tentu dilatarbelakangi oleh jobdesk HRD yang cukup banyak dan mengharuskan seorang HRD untuk melakukan komunikasi dengan banyak divisi perusahaan.

Jobdesk ini meliputi mempersiapkan pelatihan untuk karyawan, mengatur penggajian serta memproses permasalahan karyawan, hingga mengurus proses rekrutmen karyawan. Dengan jobdesk yang cukup banyak tersebut, seorang HRD diwajibkan untuk memiliki kemampuan multitasking yang baik dan dapat tetap fokus, dan juga teliti dengan detail dari masing-masing jobdesknya tersebut.

Memiliki Kemampuan Dual Fokus, Antara Kebutuhan Karyawan dan Manajemen

Tugas seorang HRD dalam sebuah perusahaan adalah untuk menjembatani atau menjadi seorang perantara dari kebutuhan karyawan dan juga kebutuhan pihak manajemen perusahaan.

Untuk skill HRD yang satu ini seringkali menjadi sebab dari kesalahpahaman karyawan. Mengingat seorang HRD memiliki peran ganda untuk menentukan waktu mana keputusannya harus melindungi karyawan, dan waktu mana keputusannya harus memihak budaya, organisasi, dan juga nilai-nilai perusahaan.

Oleh karena itu, seorang HRD harus mampu menyeimbangkan antara kebutuhan karyawan dengan manajemennya. Namun, HRD harus tetap memiliki sikap tegas dan berpegang teguh pada SOP serta nilai-nilai perusahaan yang berlaku.

Memiliki Kemampuan Administrasi dan Pelaporan Kehadiran atau HR

Skill yang wajib dimiliki oleh seorang HRD selanjutnya adalah kemampuannya dalam mengatur administrasi serta pelaporan kehadiran atau biasa disebut dengan HR. Hal ini mencakup urusan keterlambatan, kehadiran serta ketidakhadiran karyawan.

Dengan jobdesk HRD yang sangat banyak, tentu tidak akan optimal jika proses pelaporan HR dikerjakan secara manual. Hal ini tentu akan mengganggu produktifitas dari HRD yang harus menyelesaikan tugas lainnya.

Untuk itu, diperlukan software pendukung seperti HRIS atau payroll  yang dapat membantu HRD dalam pembuatan laporan HR secara lebih praktis dan juga otomatis. Sangat direkomendasikan juga untuk menggunakan software interactive payroll plus.

Pengetahuan Teknologi HARI Terbaru

Skill HRD terakhir yang wajib dimiliki adalah mengetahui dan memahami berbagai teknologi HR terbaru. Dengan berkembangnya teknologi, membuat banyak sekali inovasi terkait dengan teknologi HR terbaru yang membuat proses pengerjaannya lebih cepat dan praktis.

Dengan software interactive payroll plus ini, seorang HRD dapat mengerjakan laporan terkait dengan kehadiran beserta data ijin karyawan, dan juga keterlambatan karyawan secara lengkap. Aplikasi ini juga melakukan perhitungan gaji, pajak, hingga tunjangan BPJS secara otomatis dan mudah.

Ternyata, ada banyak sekali skill HRD yang harus dimiliki oleh seorang HRD. Namun, dibalik itu semua tentu seorang HRD pun harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap seluruh jobdesk serta posisinya saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *