7 Jenis Training HRD untuk Perusahaan

7 Jenis Training HRD untuk Perusahaan

7 Jenis Training HRD untuk Perusahaan – Anda tentunya ingin memiliki perusahaan yang baik, secara internal dan juga eksternal. Tentunya untuk mencapai tujuan perusahaan, Anda memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap dalam menghadapi persaingan bisnis. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan ialah memberikan training yang sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda di kemudian hari.

Kemajuan suatu perusahaan yang Anda kelola akan sangat bergantung pada SDM yang ada di dalamnya. Ini merupakan tugas yang krusial bagi HR untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja yang berkompeten. Anda harus menempatkan strategi yang tepat saat melakukan rekrutmen dan perlu memperhatikan tujuan, baik itu dalam jangka pendek, menengah, atau pun memberikan pengaruh dalam jangka panjang bagi perusahaan.

Menciptakan SDM perusahaan yang memiliki wawasan dapat terwujud jika Anda memberikan berbagai training yang bermanfaat. Training yang diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan kerap juga dapat dilakukan dengan bantuan dari para penyedia jasa konsultasi HRD profesional. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tren atau sebuah isu paling baru seputar bidang HR.

Tren atau isu terbaru ini akan membuat perusahaan Anda mampu mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi atau  dapat memiliki dampak pada perusahaan. Tentunya wawasan ini akan sulit didapatkan secara otodidak dan alangkah lebih baik jika didapatkan melalui training. Keterbukaan pun dibutuhkan dalam proses meningkatkan serta pencapaian target perusahaan Anda dan layanan jasa konsultan HRD bisa menjadi solusi tepat dalam memberikan training.

Tentunya akan dibutuhkan beragam training untuk memiliki SDM perusahaan yang produktif, kreatif, dan inovatif. Anda dapat memberikan program pelatihan atau training untuk mendapatkan SDM perusahaan yang diinginkan tersebut. Setiap training pasti akan memiliki hasil yang dapat menjadikan perusahaan Anda semakin maju. Berikut ini 7 jenis training HRD untuk perusahaan.

Skill Training (Pelatihan Keahlian)

Anda dapat memerikan pelatihan yang pertama berupa skill training atu yang dikenal sebagai pelatihan keahlian yang dimiliki karyawan perusahaan. Pelatihan ini memang sering dilakukan oleh berbagai perusahaan guna menemukan atau bahkan meningkatkan keahlian dari karyawan yang Anda miliki di dalam perusahaan. Tidak hanya meningkatkan keahlian karyawan saja, skill training juga mampu menambah ilmu pengetahuan serta soft skill.

Training HRD berupa pelatihan keahlian karyawan ini juga dapat menciptakan karyawan yang profesional. Sebab, karyawan yang memiliki keahlian tentunya akan mampu bekerja sesuai dengan posisi yang diemban, sehingga bekerja pun akan jauh lebih efektif. Selain itu, soft skill dan training yang diikuti karyawan juga mampu memperbaiki pola piker mereka agar lebih positif dan optimis dalam bekerja di perusahaan Anda.

Retraining (Pelatihan Ulang)

Tuntutan dalam pekerjaan tentunya akan mengalami perubahan dalam setiap kondisi suatu perusahaan dan ini terkadang menyebabkan suatu kondisi perusahaan melemah akibat karyawan yang tidak siap menghadapinya. Anda perlu melakukan retraining atau pelatihan ulang agar dapat memberikan pelatihan keahlian yang benar-benar dibutuhkan karyawan di dalam perusahaan.

Jenis training HRD yang termasuk dalam pelatihan ulang ini dapat Anda berikan kepada seluruh karyawan agar selalu siap menghadapi segala kondisi perusahaan. Tentunya karyawan yang siap menghadapi segala jenis kondisi perusaah adalah karyawan yang memiliki tingkat percaya diri tinggi. Retraining akan menumbuhkan rasa percaya diri terhadap karyawan perusahaan Anda, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Cross Functional Training (Pelatihan Lintas Fungsional)

Sebuah perusahaan dapat mencapai target visi dan misinya, jika setiap karyawan mampu melakukan komunikasi dan bersinergi satu sama lain. Anda perlu melakukan cross functional training atau pelatihan lintas fungsional antar karyawan sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan dengan cara melibatkan karyawan perusahaan Anda untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang yang lain, di luar pekerjaan yang biasa dilakukan.

Training HRD yang masuk di dalam jenis pelatihan lintas fungsional ini bertujuan agar terjalinnya hubungan yang baik antar karyawan, meski memiliki bidang yang berbeda. Sebab, di dalam perusahaan setiap bidang memiliki fungsi yang akan sama pentingnya untuk menjadikan perusahaan Anda semakin maju. Jalinan komunikasi yang baik serta kemampuan bersinergi anatar karyawan dapat terjalin melalui cross functional training.

Team Training (Pelatihan Tim)

Selain menjalin hubungan yang baik antar karyawan yang berbeda bidang pekerjaan, Anda juga sangat perlu memberikan pelatihan tim atau team training. Suatu target yang Anda berikan dapat tercapai jika dalam suatu bidang dapat menjalankan pekerjaan dengan tim yang solid. Kekompakan dalam menjalani suatu project perlu dijalin, salah satunya melalui team training yang dapat dilakukan melalui rutinitas di luar pekerjaan.

Anda dapat memberikan sebuah dukungan untuk mendapatkan tim yang kompak dalam sebuah bidang di perusahaan dengan training HRD berupa pelatihan tim yang bisa dilaksanakan di dalam kantor atau bahkan di tempat-tempat wisata. Kebanyakan perusahaan akan mengajak karyawannya untuk rehat sejenak dan mengajak mereka untuk meikmati alam dengan melakukan pelatihan tim yang berupa permainan kekompakan.

Creativity Training (Pelatihan Kreatifitas)

Perusahaan Anda pastinya akan memiliki setiap tim di dalam setiap bidang pekerjaan, dan tentunya agar dapat mendukung tujuan perusahaan harus juga dilakukan pelatihan kreatifitas atau yang juga disebut sebagai creativity training. Program pelatihan ini dapat membantu setiap karyawan untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki dan  berani mengeluarkan berbagai gagasan yang mampu meningkatkan potensi perusahaan.

Training HRD dengan jenis pelatihan kreatifitas ini bisa dijalankan setiap terdapat rapat di dalam bidang. Jangan biarkan karyawan Anda sebagai sosok yang pasif, berikan mereka kesempatan berbicara dan berani menyampaikan aspirasi di setiap kesempatan saat rapat. Potensi, kreativitas, dan inovasi bisa lahir dari karyawan yang berani memberikan gagasan untuk membangun perusahaan menjadi lebih baik.

Technology Training (Pelatihan Teknologi)

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga dapat mempengaruhi sistem kerja pada perusahaan Anda. Tentunya Anda tidak ingin tertinggal dengan perusahaan yang menggunakan teknologi berbasis tinggi, bukan? Anda dan karyawan di dalam perusahaan harus siapa dengan setiap perkembangan teknologi agar tidak tertinggal dengan perusahaan yang lainnya dan tetntunya dapat mencapai target sesuai dengan harapan perusahaan.

Training HRD melalui jenis pelatihan teknologi perusahaan sangat perlu dilakukan agar SDM perusahaan tidak mengalami gagap teknologi. Melalui technology training ini Anda dapat mempersiapkan karyawan yang mampu mengikuti perkembangan teknologi. Selain itu, para aryawan yang mendapatkan pelatihan teknologi mampu menjadi SDM perusahaan yang lebih produktif, kreatif, dan inovatif sesuai dengan kemajuan teknologi.

Language Training (Pelatihan Bahasa)

Tidak dapat menutup kemungkinan jika suatu perusahaan akan memiliki hubungan dengan perusahaan asing. Kemampuan berbahasa asing pada setiap karyawan perusahaan tentunya memiliki tingkatan yang berbeda-beda, ada yang mampu berbahasa asing secara lisan dengan baik, ada pula yang hanya mampu berbahasa asing dalam tulisan. Anda bisa menongkatkan kemampuan bahasa asing karyawan dengan memberikan pelatihan bahasa.

Training HRD berjenis pelatihan bahasa juga sangat perlu dilakukan agar SDM perusahaan Anda siap menghadapi persaingan perusahaan secara global. Melalui language training, Anda dapat memberikan peningkatan terhadap karyawan dalam menguasai bahasa asing. Perusahaan Anda mampu menjadi baik, secara internal dan eksternal melalui berbagai jenis pelatihan yang menunjang.

Hrkonsultan.com adalah lembaga training atau pelatihan untuk meningkatkan skill HRD kamu, dengan persaingan yang semakin ketat maka kamu dituntut untuk selalu upgrade kemampuanmu di bidang yang kamu geluti saat ini.

Dengan menggunakan metode yang modern dan up to date kami senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada klien kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *